The Animals L-O-V-E Meh

The Animals L-O-V-E Meh

Rabu, 04 Januari 2012

Ratatouille Yummy..


     Have you ever seen this animation movie?? Ratatouille from Disney Pixar. Dari judul udah ketauan kan ini film bercerita tentang apa..hehe..tapi kita kesampingkan saja tokoh Remy si tikus yang notabene dalam kehidupan nyata adalah binatang yang ieeww (kok bisa-bisanya jadi koki). Disini yang mau gue bahas adalah tidak lain tidak bukan yaitu "The Recipe", yes it's RATATOUILLE absolutely.

    Siapa disini yang nggak suka makan? Hohoho makan kok suka? Tentu saja makan itu adalah kebutuhan, kita semua nggak bisa kalo nggak makan. Hew..hew..sekali-sekali icip-icip masakan Perancis bolehlaaaa wkwk...by the way cekidot deh ni resepnya dan cobain bikin di rumah, karena bahan-bahannya gampang didapet ko hehe...


     Bahan yang diperlukan :
  • 200 gram Pasta jenis apapun yang disuka, bisa fussili, fettucini, spaghetti dll (tapi khusus untuk bahan yang satu ini, boleh dipake atau enggak, sesuai seleralah intinya).
  • 1 Buah Paprika Merah
  • 1 Buah Paprika Kuning
  • 2 Buah Zucchini (kalo yang ngga tau apa itu Zucchini atau mungkin sulit menemukan bahan yang satu ini, mungkin bisa diganti aja sama Mentimun atau jenis sayuran yang biasa dimasak di Indonesia yang namanya sayur oyong), tapi bentuk asli Zucchini kira-kira begini :

  • 4 Buah Tomat
  • 1 Buah Terung
  • 2 sdm Minyak Zaitun
  • 1/2 sdt Gula Pasir
  • 1 lembar Bay Leaf (bisa juga gunakan Daun Salam)
  • Thyme secukupnya (Thyme itu sejenis daun rempah-rempah yang biasa dipakai di masakan-masakan barat) 
  • 1 Buah Bawang Bombai
  • 1 siung Bawang Putih
  • 2 lembar Daun Basil (bentuknya mirip daun kemangi)
  • Daun Peterseli (yah seledri) secukupnya
  • 1 sdt Saus Tomat
  • 50 ml Kaldu (Mau ayam atau sapi terserah deh sesuai selera)
     
   Cara Buatnya :
  • Pertama iris tipis-tipis Paprika Merah, Paprika Kuning, Zucchini, Tomat dan Terung mengikuti bentuknya biar seperti keripik singkong bulet-bulet tipis, ketebalannya juga disamain.
  • Cincang halus Bawang Putih.
  • Potong dadu kecil-kecil Bawang Bombai.
  • Rebus Pasta sampai matang.
  • Panaskan Minyak Zaitun di wajan, tumis Bawang Bombai dan Bawang Putih sampai harum.
  • Masukkan Gula Pasir, Thyme, Bay Leaf/Daun Salam dan Basil.
  • Masukkan irisan Paprika Merah, Paprika Kuning, Zucchini, Tomat dan Terung lalu masak secara bersamaan atau boleh juga dimasak satu persatu untuk menjaga karakter rasa dari setiap jenis sayuran.
  • Tumis sampai matang dan agak layu.
  • Tambahkan Saus Tomat dan Kaldu, masak sampai mengental.
  • Angkat dan sajikan selagi hangat bersama dengan pasta yang tadi sudah direbus (Ratatouille bisa ditaruh diatas pasta atau bahkan bila ingin menyantap tanpa pasta seperti tokoh Igor dalam film Ratatouille ini juga terserah, yang penting sesuai selera).


    Nyem..nyem banget kan liatnya...widiiiihhhhh kalo gue mungkin bakal nambahin juga parutan keju atau keju leleh diatasnya. Weeew keroncongan deh liatnya hehe...selamat mencoba ^_^b 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar