The Animals L-O-V-E Meh

The Animals L-O-V-E Meh

Rabu, 08 Februari 2012

THE REASON

     Saat pertama kalinya gue dipanggil interview, gue belum pake jilbab seperti sekarang. Masih baru lulus, masih fresh, masih suka ikut-ikutan Job Fair dan ngelamar sana-sini. Giliran dapet panggilan interview, dooh jauh amet tempatnya. Demi pengalaman dan masa depan yang cerah, gue datengin dah tuh perusahaan yang katanya konsultan.

     Waktu dateng gue heran, hah?? ini perusahaannya? ini kan ruko, kok jualan kertas kado?? Gue mao jadi Desainer woy...bukan tukang jualan warung!! Nggak cukup ni die perusahaan bikin kaget. Begitu masuk ke dalem, nyeeeessss kok semua laki-laki, cewenya cuma gue doang. Handphone stand by mode, biar kalo ada apa-apa gue bisa langsung calling bokap yang nganter dan nunggu diluar.


    Begitu disuruh isi lembaran psikotes, gue lirik kanan kiri, ada yang masih muda tapi hampir semua rata-rata bapak-bapak yang udah berumur. Ngisi psikotes lama banget sambil kebingungan baca lembaran pake kacamata plus-nya. Terenyuh juga sih, soalnya udah seumur gitu masih gigih nyari kerjaan demi dapet penghasilan yang lebih layak, demi anak istri. Patut dicontoh semangatnya!!


     Gue selesai duluan ngisi psikotes dan langsung di tes desain karena gue emang ngelamar di bagian desain. Gue kasihin dah tuh lembaran psikotes gue ke bapak HRD-nya. Nggak nyangka ni bapak genit banget, hoy inget anak istri om!! Nanya-nanya nomer hape gue yang ini bukan terus boleh ngga kalo nanti sms, wedew ngeri amaaaat. Bawaannya udah pengen kabur deh ngga jadi aja, dooh kenapa masih ada tes desain sih.


     Akhirnya gue di tes desain sama orang lain, lebih muda dari bapak genit yang tadi. Fiuuh untung mas-nya yang ini baik. Ngobrolnya nyambung soalnya dia orang desain juga. Begitu selesai di tes desain, tiba giliran gue yang di interview. Tapi ternyata bukan di ruko yang ini. Gue mesti jalan beberapa blok dari ruko itu. Tapi mas yang tadi nge-tes desain berbaik hati mau nganterin gue jalan kesana.


Di jalan kita bedua ngobrol tentang kerjaan, sebut aja si mas ini namanya Z.


Gue : Mas kalo keterima, kerjanya nanti disini atau dimana?
Z     : Ini kan perusahaan konsultan, biasanya untuk disalurin 
         ke perusahaan yang membutuhkan. Tapi disini sendiri juga lagi butuh kok.
Gue : Oooh gitu..mas disini bagian desain?
Z     : Iya, tapi kalo saya masih suka ngambil freelance juga ke Jakarta.
         Mau nyoba freelance juga ngga?
Gue : Wah kalo mesti ke Jakarta saya belum siap, 
         jauh soalnya kalo buat freelance doang.
Z     : Ya engga kan bisa lewat telpon. Kalo nanti ada freelance 
         bisa dihubungi lewat sms atau telpon. Mau ngga?
Gue : Ya boleh deh buat pengalaman.
Z     : Kalo gitu boleh minta nomer handphone-nya?
Gue : Oh ya boleh....085XXXXXXXX
(Jalan sambil tukeran nomer hape)
Z     : Siip nanti dikabarin deh ya kalo ada freelance hehe..
Gue : Okeh siip mas makasih banyak dah dianterin juga kesini.
Z     : Okeh ngga apa-apa nyantai aja, good luck ya interviewnya.

     Setelah itu gue masuk ke ruko itu, weleh kok ini ruko kayak kantin makan?? Sebenernya dia ni perusahaan bergerak di bidang apa sih? Okei gue masuk dan langsung di interview sama ibu-ibu, kayanya Bos disitu. Matanya cuma segaris...jiah lagi-lagi mata segaris, jangan disebut secara eksplisit, nanti rasis haha. 


    Gue udah tegang aja, dalam pikiran ni, yaaah kalo kerja sama yang mata segaris nanti pelitlah, nanti di Rodi-lah, duh pasti interview-nya mesti perfect, pasti dituntut jawaban yang bagus kalo mau keterima, pikiran kesana kemari. Taunya interview apaan ini?????? Huwaaaaaaaaa....kurang lebih 30 menit dia cuma nyeritain tentang dirinya sendiri. Hoadoh hoadoh....giliran beres, akhirnya gue disuruh buat desain pattern semacem motif-motif buat kain gitu di rumah. Ooh jadi gue mau disalurin kerja di pabrik kain. Nanti 3 hari kemudian dateng lagi buat ngasihin hasilnya terus ikut dia ke pabrik itu.


    Begitu selesai interview, gue cepet-cepet nyamperin bokap. Baru setengah perjalanan pulang, si Z yang tadi nge-tes desain sms gue.
"Gimana tadi interview-nya sukses? Ibunya ngomong apa?"
   Gue jawab aja apa adanya. Lama-lama kok jadi nanyain ke hal yang pribadi, kayak rumahnya dimana, dan ternyata rumah Z deket sama rumah gue, kapan-kapan boleh main ngga ke rumah gue, hobi gue apa, sok nyama-nyamain hobi pula ampe ngajak main keluar segala. Masya Alloh deh, ini orang niatnya apa sih minta tukeran nomer hape?? Janjinya kan cuma mau ngabarin kalo ada freelance.


     Haduuh gue jadi makin ngga yakin 3 hari ke depan gue bakal balik lagi ngasih desain yang Ibu Bos itu minta. Kalo kelakuan para pegawainya kaya gitu, males deh ketemu lagi. Nggak cukup sampe disitu, di hari berikutnya, ini si Z kok jadi makin intens sms yang nggak keruan, sms-nya begini :
"Udah makan malem belum?" 
Hey who do you think you are?!?! Janji lo palsu ya?? Berani-beraninya mau ngadalin gue. Gue ngga bales-bales lagi dah tuh sms. Eh dia sms lagi :
"Ko ngga bales, udah bobo ya?"
Astagfirullaaaah, ini orang psycho. Siapa yang ngga ketakutan sama sms orang begitu, mana baru kenal. Ini menguatkan gue untuk ngga kembali lagi ke perusahaan itu 3 hari lagi buat ngasih desain yang diminta Ibu Bos-nya. Maaf aja kalo kelakuan pegawainya pada ngga normal begitu sih ogah balik kesana lagi.


    Di hari berikutnya Z makin sering sms, tapi gue ngga bales, dia sms langsung gue hapus. Tambah males kan baru kenal udah begitu. Terakhir dia marah-marah sms gue :
"Kamu kenapa sih ngga pernah bales sms aku? Kamu sibuk atau apa? Emangnya aku ni ngeganggu banget apa?" 
Yah semacam-marah-marah karena ga pernah dibales sms-nya. Halaaah gue males dah, eeh beberapa detik kemudian dia sms lagi :
"Yaudah deh maafin aku, kalo aku ngeganggu maaf ya, aku ngga akan gitu lagi, bales doong!!"
WHAT THE!??!!?!?!?!? SOOO SCARY!!!! Talk to the hand nih....masa ngga nyadar kalo gue ngga bales ya karena itu betul-betul mengganggu!!!! Lo kaya yang haus wanita banget sih, iiiih.


    Gue nangis seketika langsung ambil air wudhu dan sholat, gue nangis ampe sesek ini dada dan leher. Gue ngga pernah ngerasa direndahin seperti ini. Tega banget dia nipu gue, padahal gue ngga pernah punya pikiran suudzon waktu ngasih nomer hape. Apa semua orang di dunia kerja itu seperti ini?? Udah gue paling takut sama tipe cowo agresif seperti ini, ya makinan tambah takut cowo dong. 


    Akhirnya gue sms bapak HRD-nya bilang kalo gue udah diterima di tempat lain. Si Z pun udah ngga berani lagi sms, walaupun waktu itu masih sempet sms sekali dua kali, nanya kabar. Haaaah cape deeh. Untung ngga lama gue dapet kerjaan pertama gue, dan karena gue masih keinget kejadian itu terus, akhirnya gue dapet hidayah kuat untuk pake jilbab. Gue ngga mau dilecehkan lagi seperti itu. Gue pengen jadi wanita yang dihormati. Gue sayang sama diri gue, makanya gue harus membentengi pandangan laki-laki hidung belang dengan cara menutup aurat dan mulai berhati-hati dalam bersikap mulai sekarang.


   Gue berjanji demi diri sendiri dan orang tua gue untuk menjaga kehormatan ini hanya untuk seseorang yang halal bagi gue nanti. Membantu membukakan jalan bagi orang tua gue untuk mencapai surga Allah. Membuat mereka ikhlas melepas anaknya saat menikah nanti, agar tidak malu menyerahkan anaknya pada seorang lelaki yang baik. Biarlah orang bilang gue kuper belom pernah pacaran, nggak gaul. I DON'T CARE. Karena gue ternyata memang lebih baik hidup dengan cara seperti ini, yang buruk jadikan saja pengalaman, yang baik jadikan kenangan. Gue bersyukur masih dilindungi dan semoga akan selalu seperti ini selamanya. Amiiin ya Robbalalamin...  


          

2 komentar:

  1. Luchu,, menarik,, dan keren,,,


    Selamat ya,,, shaggysm yang tangguh ,keren dan hebat... atas keputusannya... ;)

    Setuju!! ga usah dipikirin,,, soal belum pacaran mah,, sagita gaul kok pha lagi karya karyanya,, gaul pisan,,,, ntr aja pacaran udah nikah ya,,,, indah pada waktunya,,, :) didoain cepet menemukan jodoh yang tepat pilihan Allah yang terbaik untuk shagita,,,Amin,,,,,

    -uchie- ^3^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha bisa aja nih teh uchieeee aaaah kangen o>3<o

      Hapus